Search This Blog

3 "Must Have" bagi Lulusan Informatika

Friday, May 29, 2009

Banyak orang bertanya-tanya, kompetensi lulusan informatika seperti apa yang dibutuhkan oleh dunia industri? Perguruan tinggi dengan konsep Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) telah jauh-jauh hari mendefinisikan kebutuhan tersebut. Katanya, seorang lulusan informatika yang ideal harus memiliki 3 jenis kompetensi utama agar dapat bersaing dalam era globalisasi sekarang ini. Apa sajakah itu? Mari kita simak bersama.

* 1. Kemampuan kognitif

Kemampuan ini erat kaitannya dengan penguasaan individu terhadap ilmu pengetahuan ke-informatika-an terutama dari pemahaman konsep, teori, metodologi, dan konten terkait. Faktor intelektualitas menjadi motor utama. Kehandalan dalam berpikir terstruktur, kemampuan melakukan analisa kritis, dan kecakapan memahami persoalan merupakan karakteristik kompetensi yang harus ditumbuhkan. Ingin mengasah kompetensi ini? Mulailah dengan menambah jam terbang belajar, antara lain dengan banyak membaca, menulis, dan menjelajah dunia maya.

* 2. Kompetensi psikomotorik

Kemampuan ini erat kaitannya dengan keahlian individu dalam menerrapkan/mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dikuasainya. Untuk bidang informatika misalnya, kemampuan membuat program, menginstalasi jaringan, mendesain sistem, merancang strategi implementasi, membangun basis data, dan mengaudit teknologi adalah sebagian kecil dari kompetensi yang dimaksud.

Banyak cara yang dapat anda praktekan untuk memoles kompetensi ini:

* Praktek di laboratorium.

Proses bersentuhan langsung (hands-on) dengan hardware dan software yang digunakan industri memungkinkan peserta didik menguasai penggunaan dan pengembangan teknologi.

* Praktek kerja di perusahaan.

Memberi kesempatan pada peserta didik untuk ambil bagian dalam beraneka ragam proyek/aktivitas.

* Pembahasan studi kasus dengan pendekatan yang bervariasi.

Dapat dilakukan melalui kerja kelompok, simulasi skenario, metode permainan, dan uji coba prototipe.

* Melakukan pendekatan aktivitas.

Contoh: uji piranti, eksplorasi perangkat, penetrasi sistem, tes fitur dan fungsionalitas, serta pemecahan algoritma.

* 3. Kompetensi afektif

Sering disepadankan dengan kecerdasan dalam bersikap atau attitude, kompetensi ini terasa sangat diperlukan karena tidak ada gunanya jika seseorang kompeten dalam hal ilmu pengetahuan/berkarya, namun tidak mampu/berhasil memanfaatkannya untuk kemaslahatan umat manusia dan memberikan kontribusi signifikan bagi lingkungannya. Untuk itu, dibutuhkan suatu perilaku hidup positif yang penuh motivasi untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang dikuasainya. Aspek kemanusiaan seperti cinta, pengertiaan, kesabaran, dan penghargaan adalah bekal yang sangat perlu dimiliki oleh seorang alumni informatika. Bagaimana cara mengasahnya? Biasanya melalui pembelajaran untuk kebutuhan penanaman soft skills seperti: kerjasama tim, berpikir lateral, kemampuan presentasi, manajemen konflik, dan teknik motivasi.

Satu hal yang perlu diperhatikan oleh setiap individu pembelajar adalah bahwa kebutuhan industri akan ketiga kompetensi di atas bersifat dinamis alias berevolusi dari masa ke masa sesuai tuntutan dan kemajuan zaman. Oleh karena itu, belajar merupakan sebuah proses yang seyogyanya berlangsung seumur hidup bagi siapa saja yang ingin berhasil dalam era persaingan global saat ini.

Sumber : PCplus

0 comments:

Post a Comment

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP